Guyup Rukun Wargaku, Bersih Lingkunganku

Gotong Royong dapat diartikan sebagai sebuah kerja sama atau  bekerja secara kelompok antara sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Adapun manfaat gotong royong antara lain adalah:

  1. Mempererat tali persaudaraan
  2. Memperkukuh persatuan dan kesatuan
  3. Membantu umat manusia yang membutuhkan bantuan atau pertolongan
  4. Mendorong timbulnya semangat kekeluargaan
  5. Dapat meringankan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat terselesaikan
  6. Dapat memupuk kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara
  7. Menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan dengan sesama
  8. Menghemat waktu dan tenaga produktivitas kerja
  9.  Meningkatkan produktifitas kerja
  10. Dan mendapatkan pahala dari Tuhan.

Begitu juga yang tercermin dari kehidupan sehari-hari masyarakat desa Gemaharjo. Semangat gotong royong masih sangat kuat dalam rangka bahu-membahu saling membantu demi tercapainya suatu tujuan kegiatan. Di lingkungan desa, masih sering dijumpai para warga bekerjasama secara sukarela dalam membantu mendirikan rumah warga lainnya. Mereka tidak mengharapkan imbalan berupa upah atas kerja mereka. Salah satu landasannya adalah rasa ingin saling membantu dan toleransi antar warga.

Selain untuk kegiatan perorangan, kegiatan gotong royong juga tercermin dalam pelaksanaan kegiatan desa. Contohnya adalah pelaksanaan kegiatan persiapan lomba desa, pembukaan lahan untuk jalan desa, pemindahan lapangan desa, dan kegiatan PPBHN (Peringatan Hari  Besar Nasional). Seperti yang diketahui bahwa desa Gemaharjo merupakan desa dengan wilayah yang cukup luas deng total penduduk lebih dari 6000 jiwa tersebar di 7 dusun, yaitu dusun Clumpring, Kaligondang, Gayam, Dondong, Gemah, Bulusari, dan Dagen.

Lingkungan SDN Gemaharjo 4

Salah satu contoh kegiatan gotong royong yang baru-baru ini terlaksana adalah di lingkungan dusun Clumpring. Waga bekerja bakti bersama untuk membersihkan lingkungan SDN Gemaharjo  dan lapangan dusun dalam rangka persiapan lomba Lingkungan Sehat dan UKS yang akan diikuti oleh satu-satunya Sekolah Dasar yang ada di dusun Clumpring tersebut. Kegiatan yang terlaksana pada hari Minggu, 05 November 2017 itu diikuti oleh lebih dari 100 warga dari 3 RT di lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan kerja bakti tidak hanya terfokus pada area dan lapangan sekolah, tetapi juga pada jalan lingkungan.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan