VISI dan MISI DESA GEMAHARJO

          Visi adalah sebagai gambaran tentang kondisi ideal yang diinginkan atau yang di cita-citakan oleh Pemerintah Desa masa yang akan datang, visi juga merupakan alat bagi Pemerintah Desa dan pelaku pembangunan lainnya melihat, menilai atau memberi predikat terhadap kondisi Desa yang diinginkan. Adapun visi Desa Gemaharjo    adalah sebagai berikut :

“ MENUJU GEMAHARJO, AMAN, SEJAHTERA DAN BERBUDAYA “.

Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Gemaharjo yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, peternakan, pertukangan, dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

Hakekat Misi Desa Gemaharjo merupakan turunan dari Visi Desa Gemaharjo Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Gemaharjo merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi.

Misi adalah merupakan pernyataan yang mengarahkan tujuan dan sasaran desa yang hendak dicapai, pernyataan misi membawa desa kepada suatu fokus. Misi inilah yang harus diemban oleh pemerintah desa. Untuk mewujudkan visi desa tersebut diatas, maka Pemerintah Desa Gemaharjo  menetapkan Misi sebagai berikut :

Untuk meraih Visi Desa Gemaharjo seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Gemaharjo  sebagai berikut:

1.   Misi dalam peningkatan perekonomian masyarakat (Pertanian, Peternakan, Kerajinan dan Perdagangan)

a)    Meningkatkan mutu dan hasil pertanian berbasis pada kearifan lokal. Yang dimaksud kearifan lokal adalah proses pengolahan pertanian secara tradisional dengan cara memacu penggunaan pupuk organik dan pestisida nabati.

b)    Meningkatkan mutu dan hasil peternakan berbasis kearifan lokal, dengan cara memacu masyarakat untuk mengelola ternaknya secara maksimal, memanfaatkan pakan tradisional berbahan dasar organik tanpa obat kimia.

c)     Memacu masyarakat untuk memproduksi kerajinan tangan dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya, misalnya kerajinan anyaman bambu, kerajinan kayu, kerajinan limbah plastic, daur ulang  dan lain sebagainya.

d)    Merintis program promosi dan pemasaran produk memanfaatkan media telekomunikasi dan informasi.

e)    Mengupayakan pendanaan modal usaha baik melalui bantuan dana pemerintah maupun pengelolaan dana swadaya masyarakat (koperasi simpan pinjam).

 

2. Misi dalam pembangunan sarana dan prasarana

a)       Peningkatan sarana jalan desa. Guna mendukung akselerasi (percepatan) pertumbuhan ekonomi, maka akses jalan-jalan desa perlu dibangun baik itu mengupayakan aspal jalan, pengecoran maupun pengerasan jalan menggunakan Potensi Desa yang ada

b)      Menertibkan penggunaan dan administrasi lahan (tanah) desa, agar bisa dikelola oleh masyarakat desa.

c)       Mengupayakan saran bantuan pengelola pertanian misalnya mesin, traktor, dan lain sebagainya melalui kelompopk-kelompok tani, yang bersumber dana dari bantuan pemerintah maupun swadaya masyarakat.

d)       Merintis sarana teknologi telekomunikasi dan informasi desa. Selain sebagai kebutuhan pokok administrasi Desa untuk mengakses data-data yang diperlukan Pemerintah pusat, Sarana telekomunikasi dan informasi ini penting untuk diwujudkan karena promosi dan perdagangan hasil karya masyarakat baik itu hasil pertanian, peternakan,kerajinan dan lain sebagainya saat ini bisa memanfaatkan teknologi internet, sehingga harapanya penjualan produk masyarakat tidak hanya dalam cakupan satu kabupaten saja tapi mencakup skala propinsi atau daerah lain di Indonesia

 

3. Misi dalam peningkatan pendidikan formal dan non formal.

a)       Menyelenggarakan dan meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dan meningkatkan kegiatan Pendidikan Agama  TPA, TPQ dan Madin.

b)      Membudayakan mematikan televisi atau media hiburan lainnya pada sore/malam hari (antara pukul 18.30 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB) untuk memberikan kepada anak sekolah agar anak-anak bisa berkonsentrasi belajar di rumah tanpa terganggu dengan keberadaan media televisi maupun media hiburan lainnya, kecuali pada waktu libur sekolah.

c)       Menyelenggarakan pendidikan non formal berupa pelatihan, penyuluhan maupun kursus pertanian, peternakan dan kerajinan pada kelompok tani, kelompok ternak maupun kelompok-kelompok yang lain.

d)       Menyediakan bantuan  beasiswa bagi Keluarga Miskin yang kesulitan untuk biaya sekolah

e)       Mencanangkan Progaram wajib belajar 12 tahun

 

4. Misi dalam peningkatan kesehatan

a)       Peningkatan dan pelayanan program POSYANDU bagi balita, Lansia dan ibu hamil.

b)      Peningkatan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan Kelurga tidak mampu

c)       Mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba dikalangan Remaja dan dan anak sekolah.

d)       Menyediakan bantuan Jamban keluarga Gakin

 

5. Misi dalam peningkatan peran serta pemuda

a)       Mengaktifkan kelompok pemuda baik itu karang taruna, club dan lain sebagainya.

b)      Memberikan kesempatan kepada pemuda untuk melaksanakan kompetisi antar kelompok atau club dalam ajang lomba olah raga, seni dan kreatifitas pengelolaan pertanian maupun peternakan.

c)       Melatih dan mendampingi pemuda untuk berwira usaha dalam bidang Ketrampilan,  pertanian, peternakan, kerajinan maupun perdagangan.

d)       Merintis pemuda untuk melaksanakan kegiatan keagamaan baik itu pengajian rutin, diskusi keagamaan dan lain sebagainya.

 

6. Misi dalam peran serta ibu-ibu PKK

a)       Membina dan mendampingi ibu-ibu PKK dalam program tata kelola rumah ntangga.

b)      Melatih dan mendampingi ibu-ibu PKK dalam pengelolaan kerajinan dan makanan memanfaatkan potensi yang ada di desa.

c)       Membudayakan koperasi simpan pinjam melalui program iuran rutin swadaya masyarakat.

d)       Membudayakan kelompok-kelompok pengajian rutin ibi-ibu PKK.

e)       Memfasilitasi kegiatan lomba kebersihan lingkungan, lomba penghijauan dan lomba-lomba yang lain bagi ibu-ibu PKK.

 

7. Misi dalam peningkatan pelayanan administrasi desa

a)       Memacu program tertib administrasi dan transparan.

b)      Merintis publikasi profil desa online melalui media webside, sebagai sarana promosi potensi desa berbasis internet (Cyber Village).

c)       Merintis pembangunan dan pemanfaatan perangkat lunak (software), Sistim Administrasi Satu Atap (SANTAP), guna mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi. Dengan harapan Desa Gemaharjo menjadi desa percontohan dalam pengelolaan management administrasi desa yang berbasis komputerisasai.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan