Sejarah Desa Gemaharjo

Sejarah dan Desa

Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan ciri khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini Desa Gemaharjo juga memiliki cerita asal-usul dan hal tersebut merupakan identitas dari Desa Gemaharjo yang secara singkat kami tuangkan dalam uraian di bawah ini.

Desa Gemaharjo merupakan desa yang terletak di belahan utara Kabupaten Pacitan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Menurut cerita yang disajikan oleh beberapa sesepuh  Desa Gemaharjo bahwa Desa Gemaharjo sudah ada sejak jaman Belanda yang konon sistem pemerintahannya masih menganut sistem kerajaan dengan wilayah kekuasaan raja Solo dengan sebutan Bekelan dan Kepala Bekelnya adalah SOROITO. Setelah Soroito meninggal dunia, perjuangan dipimpin oleh putranya yang bernama SORONTANI. Pada masa kepemimpinan Sorontani wilayah Desa Gemaharjo menjadi sangat ramai dan akhirnya menjadi daerah “Kademangan” yang terdiri dari 3 Bekelan yaitu Gemah sebagi Kademangan dan desa yang lain bertempat di Gayam dan Clumpring. Hal itu dibuktikan bahwa Desa Gemaharjo dahulu dipimpin oleh seorang Demang yang bernama “SORONTANI”.

Pada Tahun 1915 , Daerah Kademangan yang terdiri dari 3 Desa tersebut dijadikan satu lagi yang bulat dengan Kepala Desa yang bernama “PONCOIDJOJO” karena tempat Kademangan terletak di wilayah Gemah maka nama Gemah ditambah dengan kata “arjo” sehingga menjadi wilayah Desa GEMAHARJO yang mempunyai arti Gemah berarti Subur, Besar dan Arjo berarti Ramai/ Damai Sejahtera.Terbawa Lajunya waktu dan perkembangan, yang semula penduduk masih sedikit dan mengelompok, berangsur-angsur mulai tertata baik dalam bidang pemerintahan dan pembangunan yang berkembang begitu pesatnya sehingga terbentuklah sebuah desa yang besar dan jumlah penduduk yang banyak.

Adapun para pejabat, Bekel atau Lurah/ Kepala Desa Gemaharjo, menurut nara sumber/ sesepuh Desa Gemaharjo yang secara berturut-turut adalah sebagai berikut:

NO NAMA

JABATAN

MASA

KET

1 SOROITO
2 SORONTANI Kepala Bekel Gemah
3 SIDOMEJO Kepala Bekel Gayam
4 SOREDJO Kepala Bekel Clumpring
5 DJOYO TIRTO Kepala Bekel Clumpring 1882-1886
6 DJOYO KARYO Kepala Bekel Clumpring 1886-1898
7 SARMUN Kepala Bekel Clumpring 1898-1903
8 SONOKARYO Kepala Bekel Clumpring 1903-1913
9 CITROSONO Kepala Bekel Clumpring 1913-1915
10 PONCOIDJOJO Kepala Desa Gemaharjo 1915-1927
11 MARTO DIHARJO Kepala Desa Gemaharjo 1927-1940
12 ARIYOSO Kepala Desa Gemaharjo 1940-1969
13 MOEDJARI Kepala Desa Gemaharjo 1969-1989
14 SUGITO Kepala Desa Gemaharjo 1989-2007 Masa Jabatan
15 WAHYU PUJIONO, S.E Kepala Desa Gemaharjo 2007 Sampai Sekarang
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan