Kunjungi Gemaharjo, Mereka Bilang “Wow…”

Foto Bersama di Balai desa Gemaharjo

Rintik hujan membasahi tanah Gemaharjo sejak pagi hari. Halaman kantor desa Gemaharjo nampak licin dan mengkilap oleh guyuran air hujan. Hari ini ada yang sedikit berbeda, pintu Balai Desa Gemaharjo telah terbuka lebar. Begitu pula didalamnya, lebih dari 50 kursi telah terjajar rapi. Perangkat pengeras suara, lcd, dan juga proyektor telah siap digunakan. Menjelang pukul 08.00 segenap jajaran aparatur desa Gemaharjo hadir satu persatu. Para kepala dusun juga turut hadir untuk menyambut kedatangan tamu hari ini.

Siapakah tamu yang ditunggu?

Menunggu kehadiran tamu

Mereka adalah rombongan dari Kabupaten Madiun. Sekitar pukul 09.00 WIB tamu yang dinanti telah tiba dengan mengendari 3 mobil pribadi dan 1 mini bus. Mereka adalah perwakilan dari 11 desa di Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Mereka datang ke desa Gemaharjo untuk melakukan Kunjungan Orientasi Lapangan dalam rangka peningkatan sumber daya aparatur desa. Dalam kunjungan ini turut serta pula Bpk. Camat Kebonsari. Sedangkan sebagai tuan rumah, turut hadir pula Ketua BPD dan LPMD desa Gemaharjo, perwakilan dari Kecamatan Tegalombo Bpk. Edi Wasono beserta Pendamping Desa Kecamatan Tegalombo.

Acara penyambutan kunjungan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, dengan rangkaian sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  3. Ucapan Selamat Datang dari perwakilan Kecamatan Tegalombo
  4. Sambutan Kepala Desa Gemaharjo
  5. Sambutan Camat Kebonsari
  6. Do’a
  7. Penutup
Acara Ceremonial Penyambutan di balai Desa Gemaharjo

 

Sambutan Kepala Desa Gemaharjo, diwakilkan oleh Sekdes Gemaharjo karena beliau sedang menghdiri acara di Jakarta

Setelah acara penyambutan secara ceremonial, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama. Pada kesempatan ini, bapak Wardayanto selaku sekretaris desa Gemaharjo memaparkan presentasi mengenai profil desa. Sesi tanya jawab pun dibuka untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan. Dalam hal ini pembahasan difokuskan terkait program-program desa dan kiat untuk sampai pada tahap desa Gemaharjo seperti saatn ini.

Beberapa poin yang dibahas dalam diskusi antara lain adalah:

  • Untuk menjadikan sebuah desa berkembang dan maju dibutuhkan dukungan dari masyarakat sebagai landasannya.
  • Perlu sinergi dari semua pihak dalam keberhasilan program desa, mulai dari pemoda, tokoh-tokoh masyarakat, hingga para pinisepuh.
  • Kunci paling utama kemauan dan kemampuan untuk membuat gebrakan dan inovasi untuk membangun desa.

“Kami terkesima dan Gemaharjo memang wow…penyambutan dan tempat pelayanan yang sangat bagus dan belum ada bahkan di seluruh desa di kecamatan kami” tutur salah seorang aparatur desa dari kecamatan Kebonsari pada sesi diskusi.

Acara diskusi inipun diakhiri sekitar pukul 12.30 WIB, kemudian para tamu dari Kecamatan Kebonsari dipersilahkan untuk berkunjung ke kantor sekretariat desa Gemaharjo, ruang BPD dan LPMD, ruang karang taruna dan juga ke perpustakaan “Cahaya” desa Gemaharjo. Setelah melakukan kunjungan, makan siang telah disiapkan di ruang PKK. Terakhir, acara kunjungan ditutup sekitar pukul 13.30 WIB di Balai Desa Gemaharjo.

Semoga kunjungan para aparatur desa se-Kecamatan Kebonsari di desa Gemaharjo dapat memberi manfaat dan hasil yang maksimal untuk nanti diterapkan.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.