Posyandu Lansia, Wujudkan Masa Tua Sehat dan Bahagia

Semangat para lansia tidaklah reda meskipun usia telah senja. Mereka tetap semngat untuk hadir di  Posyandu Dahlia yang terletak di RT.14 Dusun Clumpring. Bapak ibu yang telah berusia senja itu datang bersama-sama dengan penuh harap agar kesehatan mereka tetap terjaga. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan Posyandu Lansia yang diadakan dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam masyarakat Jawa mengenal lima hitungan hari Pasaran yang terdiri Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Dari perhitungan hari itu dimanfaatkan untuk menentukan kala suatu aktivitas warga. Salah satunya adalah penetapan jadwal Posyandu Lansia di Desa Gemaharjo. Kegiatan Posyandu lansia di Dusun Clumpring, Desa Gemaharjo dilaksanakan setiap hari Rabu Pon, yang pada bulan ini bertepatan dengan tanggal 29 Nopember 2017.

Senam Lansia Bersama Para Kader Posyandu
Pemeriksaan Tensi Darah

Apakah Tujuan Posyandu Lansia?

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Siapakah Sasaran Posyandu Lansia?
1. Sasaran langsung
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

2. Sasaran tidak langsung
Keluarga dimana usia lanjut berada
Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut
Masyarakat luas

Bagaimanakah Mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia?
Berbeda dengan posyandu balita yang terdapat sistem 5 meja, pelayanan yang diselenggarakan dalam posyandu lansia tergantung pada mekanisme dan kebijakan pelayanan kesehatan di suatu wilayah kabupaten maupun kota penyelenggara. Ada yang menyelenggarakan posyandu lansia sistem 5 meja seperti posyandu balita, ada juga hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut :
– Meja I : pendaftaran lansia, pengukuran dan penimbangan berat badan dan atau tinggi badan
– Meja II : Melakukan pencatatan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh (IMT). Pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana dan rujukan kasus juga dilakukan di meja II ini.
– Meja III : melakukan kegiatan penyuluhan atau konseling, disini juga bisa dilakukan pelayanan pojok gizi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan