Wujudkan Perangkat Desa yang Melek Teknologi

Seiring dengan era globalisasi dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, setiap orang harus setidaknya tahu dan mampu menggunakan peralatan berbasis IT seperti halnya PC (Personal Computer) ataupun laptop. Begitu pula dengan perangkat desa. Khususnya di desa Gemaharjo, sejak tahun 2016 lalu telah diterapkan penyediaan fasilitas satu kaur satu laptop. Namun demikian belum semua perangkat desa Gemaharjo mampu menggunakan dan menguasai aplikasi-aplikasi di dalam laptop dengan baik dan benar. Seperti halnya penguasaan program Miocrosoft Word. Program yang utamanya berfungsi sebagai pengolah data ini sangat perlu untuk dikuasai oleh perangkat desa antara lain untuk:

  • membuat surat
  • membuat tabel
  • membuat dokumen
  • pengolahan data dan administrasi
  • pengolahan data penduduk

Sebagai realisasi dari APBDes tahun 2017, dilaksanakan kegiatan Pelatihan Komputer untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa yang secara mendalam mengulik tentang program Microsoft Word. Pelatihan komputer untuk pernagkat desa ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Selasa-Rabu, tanggal 28-29 Nopember 2017. Kegiatan ini  dibuka secara langsung oleh Camat Kecamatan Tegalombo, Bpk. Djoko Putro Utomo, S.Sos, Msi. Pelatihan dilaksanakan di balai desa dengan pelatih dari Tim Pendamping Desa Kecamatan Tegalombo. Peserta dari pelatihan ini tidak hanya kepala urusan pemerintahan desa, tapi juga pelaksana teknis, staf, dan seluruh kepala dusun di desa Gemaharjo.

Para kepala dusun yang sebelumnya bahkan masih awampun sangat bersemangat untuk belajar dan memahami menu-menu yang ada di Microsoft Word. Mereka berlatih mengetik dan melakukan olah data maupun editing sampai akhirnya mampu mengolah dan mencetak surat.

Peserta mengisi daftar hadir.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan