Pelatihan BPD dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

Berdasarkan Permendagri No.110 Tahun 2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

BPD juga menyalurkan aspirasi dari warga desa pada Kepala desa yang kemudian dijadikan pedoman oleh kepala desa beserta jajarannya dalam melaksanakan program pembangunan desanya. Hebatnya, BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

Selain itu BPD juga berhak menyenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) pada agenda-agenda yang mengharuskan adanya Musdes, salahsatunya Musdes membahas rencana lahirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tanpa persetujuan BPD, BUMDes tak bisa melenggang dan membentuk dirinya. Sekaligus BUMDes adalah salahsatu lembaga yang bakal mengawasi jalannya proses yang berjalan pada BUMDes.

Dalam upaya peningkatan kapasitas pemerintahan desa, diselenggarakan Pelatihan BPD yang secara khusus membahas tentang Permendagri No.110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Peserta Mengisi Daftar Hadir.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 9 orang anggota BPD. Dalam acara pembukaan turut hadir Bpk. Camat, Sekretaris Camat Kecamatan Tegalombo, Kepala Desa Gemaharjo, Sekretaris Desa, Perangkat Desa Gemaharjo. Sedangkan narasumber pelatihan adalah Kasi Pemerintahan dan Kasi PMD Kecamatan Tegalombo.

Berikut Rincian Kegiatan Pelatihan.

JADWAL KEGIATAN

PELATIHAN BPD DESA GEMAHARJO KECAMATAN TEGALOMBO

KABUPATEN PACITAN

TAHUN 2017

 

NO HARI/TANGGAL/JAM URAIAN KETERANGAN
1 2 3 4
  Jum’at, 08 Desember 2017    
1. 07.30 – 08.30 WIB Persiapan Panitia
  08.30 – 09.00 WIB Pengisian Daftar Hadir

Pemberian Fasilitas Pelatihan

Panitia
  09.00 – 10.00 WIB Pembukaan

Sambutan Camat Tegalombo

Sambutan Kepala Desa Gemaharjo

Panitia
  10.00 – 12.00 WIB Penyampaian Materi Pelatihan 1 Pelatih
  12.00 – 13.00 WIB ISHOMA Panitia
  13.00 – 14.00 WIB Penyampaian Materi 2 Pelatih
  14.00 – 15.00 WIB Diskusi Panitia & Pelatih
  15.00 WIB Penutupan Panitia

 

 Mengingat peran penting BPD dalam pelaksanaan pemerintahan desa, Kegiatan semacam ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja para anggota BPD dan ditindaklanjuti secara nyata. Selain itu sinergi antar berbagai pihak juga sangat diperlukan. Komunikasi dan musyawarah antara BPD, LPMD, Kepala Desa dan jajarannya sangat diperlukan untuk suksesnya program pembangunan pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan