Kader Posyandu Semangat, Gemaharjo Sehat.

     Pelatihan Kader Posyandu Desa Gemaharjo tahun 2017 dibuka oleh Kepala Desa Gemaharjo, Bpk. Wahyu Pujiono dan diikuti oleh 30 Kader Posyandu. Bertempat di Balai Desa Gemaharjo, kegiatan ini dilaksanakan mulai sekitar pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program Pemerintah Desa Gemaharjo dalam bidang Peningkatan kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pelatihan ini ditujukan secara khusus untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman para Kader Posyandu untuk pelayanan Balita dan Lansia.

Kepala Desa Gemaharjo memberikan sambutan.

     Kader kesehatan atau Posyandu, menurut Depkes RI (2003) adalah anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela. Sementara  menurut WHO (1998) merupakan  laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menangani, masalah-masalah kesehatan perorangan maupun yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan.

Menurut Depkes RI (2003), terdapat beberapa syarat menjadi Kader, antara lain :

  1. Dipilih dari dan oleh masyarakat setempat
  2. Bersedia dan mampu bekerja bersama masyarakat secara sukarela
  3. Bisa membaca dan menulis huruf latin
  4. Sabar dan memahami usia lanjut

     Menurut WHO (1993) kader diatas merupakan salah satu unsur yang memiliki peranan penting dalam pelayanan kesehatan dimasyarakat.  Sedangkan menurut Depkes RI (2003), berbagai peran kader, khususnya pada kegiatan Posyandu, antara lain:

  1. Melakukan pendekatan kepada aparat pemerintah dan tokoh masyarakat:
  2. Melakukan Survey Mawas Diri (SMD) bersama petugas yang antara lain untuk melakukan kegiatan pendataan sasaran, pemetaan, serta mengenal masalah dan potensi.
  3. Melaksanakan musyawarah bersama masyarakat setempat untuk membahas hasil SMD, menyusun rencana kegiatan, pembagian tugas, dan jadwal kegiatan

     Sedangkan peranan kader dalam penyelenggaraan posyandu, antara lain :

  1. Memberitahukan hari dan jam buka posyandu kepada masyarakat
  2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan posyandu sebelum pelaksanaan Posyandu (buku catatan, KMS, alat peraga)
  3. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di posyandu.
  4. Melakukan penimbangan bayi dan balita.
  5. Mencatat hasil penimbangan pada KMS.
  6. Melakukan penyuluhan perorangan kapada ibu-ibu dimeja IV.
  7. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada bumil, ibu yang mempunyai bayi/balita, pasangan usia subur.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan