Digital Keyboard Baru Dukung Karang Taruna Semakin Maju

      Desa Gemaharjo memiliki kelompok pemuda yeng tergabung dalam Karang Taruna “Gema Remaja” Desa Gemaharjo. Dalam pengembangan kegiatan Karang Taruna diperlukan berbagai fasilitas dan sarana penunjang. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa Gemaharjo menggelontorkan dana APBDes sebesar Rp. 15.000.000 dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Pemuda. Kegiatan ini direalisasikan dengan pembelian satu set Digital Keyboard.

      Pada hari ini, 15 Desember 2017 Kepala Desa Gemaharjo, Bapak Wahyu Pujiono menyerahkan satu set Digital Keyboard kepada Sdr. Yulis Widhi Kuncoro selaku Ketua Karang Taruna “Gema Remaja” Desa Gemaharjo. Pengadaan peralatan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan dan program Karang Taruna Desa Gemaharjo, khususnya dalam bidang kesenian.

Penyerahan Digital Keyboard oleh Kepala Desa kepada Ketua Karang taruna Desa Gemaharjo

Lebih lanjut, inilah sedikit ulasan mengenai Karang Taruna.

Pengertian Karang Taruna.

      Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Rumusan tersebut diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

      Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial, perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).
Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).

      Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.
Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus atau dikelola oleh generasi muda dan untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat. Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dapat menumbuhkan dan mengembangkan Karang Tarunanya sendiri.

      Gerakannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial berarti bahwa semua upaya program dan kegiatan yang diselenggarakan Karang Taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.