Kebanggaan Gemaharjo: Hyudan Muhammad Ghaisan Ayyasi, Dokter Kecil Berprestasi

Siapakah Dia?

Memiliki nama lengkap Hyudan Muhammad Ghaisan Ayyasi, ia akrab dipanggil dengan nama Isan. Ia adalah seorang siswa kelas 4 Sekolah Dasar di SDN Gemaharjo 4. Isan adalah siswa berprestasi tidak hanya dalam bidang akademis di sekolahnya, tetapi juga berhasil meraih prestasi di luar sekolah. Ia adalah anak yang aktif berkegiatan dan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.

Apa yang Telah Diraihnya?

Pada bulan Nopember lalu, Hyudan Muhammad Ghaisan Ayyasi mengikuti sebuah perlombaan Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Pacitan, dan berhasil meraih Juara 2 Kategori Putra dalam perlombaan ini. Prestasi ini tak lepas dari ketekunannya dalam belajar, pendampingan para guru di sekolah dan tentunya berkat dukungan kedua orang tuanya. Isan mewarisi keahlian dari orang tuanya, dimana ibunya, dr. Andri Pradyaksanti juga seorang dokter yang sudah sangat di kenal di Desa Gemaharjo. Sebagai Peraih Juara 2 Pa Dokter Kecil 2017, ia berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan teman-teman dan lingukangannya. Selain itu ia juga aktif dalam men-sosialisasikan tentang pentingnya kesehatan melalui penampilan fragmen kesehatan yang disajikan bersama dengan teman-temannya.

Ingin Tahu Lebih Lanjut Tentang Dokter Kecil? Inilah Sekilas Infonya.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil
1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap         dirinya masing-masing.
3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.
5. Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan                         Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

Kegiatan Dokter Kecil
1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.
a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.
c. Penyuluhan Kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :
a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.
b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.
3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.
5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih,          tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang         Nyamuk).
6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.
7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan