Survei Akreditasi Puskesmas Gemaharjo

Puskesmas Gemaharjo terletak di wilayah Dusun Dondong, Desa Gemaharjo. Puskesmas Gemaharjo memiliki wilayah kerja di Desa Gemaharjo, Tahunan, Tahunan Baru dan Ploso. Baru-baru ini Puskesmas Gemaharjo melaksanakan akreditasi, tepatnya pada hari Senin-Rabu tanggal 18-20 Desember 2017. Tim survei akreditasi Puskesmas dari Provinsi mulai melakukan survei pada hari Senin pagi dan berlanjut hingga ditutup pada hari Rabu siang.

“Karena kita berangkat dari nol dan langsung menjadi terakreditasi, kerja kami menjadi lebih berat, lain halnya dengan puskesmas yang sudah memiliki modal sertifikasi ISO misalnya” tutur ketua panitia pelaksanaan survei akreditasi.

Banyak sekali hal yang diperiksa dalam survei akreditasi ini. Secara garis besar dibagi dalam 3 Kelompok besar yaitu:

  1. Administrasi dan Manajerial
  2. Usaha Kesehatan Masyarakat
  3. Usaha Kesehatan Perorangan (Pelayanan Klinis)

Survei akreditasi yang telah berlangsung lancar ini ditujukan untuk peningkatan mutu Puskesmas sebagai pusat pelayanan dan penanganan masalah kesehatan masyarakat.

Tim Survei Akreditasi
Tim Asessor bersama Bpk Camat Tegalombo beserta ibu, Jajaran Forkopimcam, Perwakilan Pemdes,dan undangan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Puskesmas? Inilah penjabarannya.

Apa itu Puskesmas?

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatau wilayah kerja (Depkes, 2011).

Pengertian puskesmas adalah suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu yang berkesinambungan pada suatu masyarakat yang bertempat tinggal dalarn suatu wilayah tertentu (Azrul Azwar, 1996).

Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan (Depkes, 2009).

Jika ditinjau dari sistim pelayanan kesehatan di Indonesia, maka peranan dan kedudukan puskesmas adalah sebagai ujung tombak sistim pelayanan kcsehatan di Indonesia. Sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan di Indonesia, maka Puskesmas bertanggungjawab dalam menyelenggarakan pelayartan kesehatan masyarakat, juga bertanggung jawab dalatn menyelenggarakan pelayanan kedokteran.

Visi dan Misi Puskesmas

Visi puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju Indonesia sehat. Indikator utama yakni:

  1. Lingkungan sehat.
  2. Perilaku sehat.
  3. Cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu.
  4. Derajat kesehatan penduduk kecamatan.

Misi puskesmas, yaitu:

  1. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya.
  2. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerjanya.
  3. Memelihara dan meningkatkan mutu, pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan.
  4. Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga dan masyarakat berserta lingkungannya.

 

Kegiatan Pokok Puskesmas

Sesuai dengan kemampuan tenaga maupun fasilitas yang berbeda-beda, maka kegiatan pokok yang dapat dilaksanakan oleh sebuah puskesmas akan berbeda pula. Namun demikian kegiatan pokok Puskesmas yang seharusnya dilaksanakan adalah sebagai berikut : KIA, Keluarga Berencana, Usaha Perbaikan Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Pengobatan termasuk pelayanan darurat karena kecelakaan, penyuluhan Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Sekolah, Kesehatan Olah Raga, Perawatan Kesehatan Masyarakat, KesehataKerja, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa, Kesehatan Mata, Laboratorium Sederhana, Pencatatan Laporan dalam rangka Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Usia Lanjut dan Pcmbinaan Pengohatan Tradisional.

 

Fungsi puskesmas

Puskesmas diharapkan dapat bertindak sebagai motivator, fasilitator dan turut serta memantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah kerjanya agar berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Hasil yang diharapkan dalam menjalankan fungsi ini antara lain adalah terselenggaranya pembangunan di luar bidang kesehatan yang mendukung terciptanya lingkungan dan perilaku sehat. Upaya pelayanan yang diselenggarakan meliputi :

  1. Pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih mengutamakan pelayanan promotif dan preventif, dengan kelompok masyarakat serta sebagian besar diselenggarakan bersama masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas.
  2. Pelayanan medik dasar yang lebih mengutamakan pelayanan,kuratif dan rehabilitatif dengan pendekatan individu dan keluarga pada umumnya melalui upaya rawat jalan dan rujukan ( Depkes RI, 2007).

Fungsi dari Puskesmas adalah:

  1. Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
  2. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat.
  3. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya.

n dan keselamatan

Jangkauan Pelayanan Puskesmas

Sesuai dengan keadaan geografi, luas wilayah, sarana perhubungan, dan kepadatan penduduk dalam wilayah kerja Puskesmas. Agar jangkauan pelayanan Puskesmas lebih merata dan meluas, Puskesmas perlu ditunjang dengan Puskesmas pembantu, penempatan bidan di desa yang belum terjangkau oleh pelayanan yang ada, dan Puskesmas keliling. Disamping itu pergerakkan peran serta masyarakat untuk mengelola posyandu.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.