Kaji Banding TP PKK & POKJANAL POSYANDU Kabupaten Blitar di Desa Gemaharjo

Rabu, 27 Desember 2017. Sejak pagi hari sudah nampak kesibukan di Balai Desa Gemaharjo. Kursi-kursi telah tertata rapi, seperangkat sound system dan LCD Proyektor juga sudah terpasang. Di bagian utara ruang balai desa Gemaharjo nampak ibu-ibu anggota PKK Desa Gemaharjo bersama Ketua Kelompok PKK Dusun tengah sibuk mempersiapkan bazar produk-produk unggulan dusun. Berbagai macam produk olahan  makanan disajikan. Segenap persiapan ini dilakukan untuk menyambut tamu Kaji Banding TP PKK & POKJANAL POSYANDU dari Kabupaten Blitar. Rombongan dari Kabupaten Blitar ini dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Blitar, turut dalam rombongan Ketua TP PKK Kabupaten Blitar, dan perwakilan seluruh Kecamatan di Kabupaten Blitar. Turut hadir pula Ketua TPP PKK Kabupaten Pacitan (Ibu Luki Indartato) beserta rombongan, Kepala Bapemas Kab. Pacitan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Camat Tegalombo (Bpk. Djoko Putro Utomo) beserta Ibu Ketua TPP PKK Kecamatan Tegalombo dan puluhan undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan, Ibu Luki Indartato Hadir di Balai Desa Gemaharjo

Rombongan yang hadir sekitar pukul 09.00 WIB ini langsung disambut dan diarahkan untuk menilik bazar produk-produk unggulan 7 Dusun di Desa Gemaharjo.  Berbagai produk bahan dan olahan makanan disajikan dalam bazar, antara aneka criping, tempe dan aneka olahan tempe, tepung dan aneka olahan singkong, buah-buahan hasil panen petani Gemaharjo, dan masih banyak lagi.

Bazar Produk-produk Dusun

Setelah selesai dari bazar, acara penyambutan dimulai dengan penampilan Jingle IVA dari angggota TP PKK Desa Gemaharjo, setelah itu dimulailah acara ceremonial dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars PKK
  3. Ucapan Selamat Datang oleh TP PKK Kabupaten Pacitan (Ibu Luki Indaratato)
  4. Sambutan Ketua Rombongan Kaji banding dari Kabupaten Blitar
  5. Penyerahan Cindera Mata
  6. Penampilan Tari Pacitan Kuncoro
  7. Paparan dari Ketua TP PKK Desa Gemaharjo
  8. Do’a
  9. Penutup

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan kunjungan lapangan. Kunjungan yang dilakukan antara lain ke Sekretariat PKK, Sekretariat Desa, Perpustakaan Desa dan Posyandu Melati Dusun Gemah Desa Gemaharjo. Dalam pelaksanaan kunjungan lapangan, rombongan dari Kabupaten Blitar saling berbagi pengalaman dan informasi dengan Ibu-ibu PKK, Perangkat Desa maupun Kader Posyandu Desa Gemaharjo.

Adapun hal-hal yang dibahas antara lain adalah:

  1. Peran PKK dalam mengaktifkan kader PKK sampai tingkat Dasa Wisma dalam Penyelenggaraan Taman Posyandu.
  2. Langkah mencari kader taman Posyandu dan bentuk dukungan nyata dari PKK.
  3. Peran Kader dalam penurunan AKI dan AKB.
  4. Pengadaan APE.
  5. Kondisi gizi sasaran posyandu di Taman Posyandu serta langkah untuk mencegah maupun mengatasi permasalahan kekurangan gizi.
  6. Cara mempertahankan partisipasi sasaran Taman Posyandu.
  7. Program-program Inovasi dari Posyandu dan dampaknya kepada masyarakat.
  8. Cara meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kader posyandu.
  9. Peran Camat dan Kades dalam menggerakkan elemen pembina Taman Posyandu.
  10. Peran dan sinergi dari berbagai pihak untuk mendukung Taman Posyandu.
Acara Pembukaan di Balai Desa Gemaharjo

 

Kunjungan ke Posyandu Melati di dusun Gemah Desa Gemaharjo

Kunjungan yang dilaksanakan hingga lewat tengah hari ini diakhiri dengan makan siang bersama dan penutupan di balai desa Gemaharjo. Semoga segenap rombongan dari Kabupaten Blitar merasa puas dengan kunjungan di desa Gemaharjo dan dapat saling memberi manfaat untuk kemajuan program di Desa gemaharjo maupun Kabupaten Blitar.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan