Posyandu Lansia, Wujudkan Masa Tua Sehat dan Bahagia

Salah satu program inovasi Puskesmas Gemaharjo adalah kegiatan Posyandu Lansia Dusun. Program ini dipusatkan pelaksanaannya dua 2 Dusun yaitu Dusun Gemah dan Dusun Clumpring. Program Posyandu Lansia di Dusun Clumpring dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Posyandu Lansia “Podo Waras” di Dusun Clumpring selalu diikuti oleh lebih dari 20 lansia secara rutin. Kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu Dahlia Dusun Clumpring.

Bu Kades Memberikan Sambutan pada Kegiatan Posyandu Lansia
Peserta Posyandu Lansia

 

Petugas kesehatan dari Puskesmas Gemaharjo secara sabar dan telaten memeriksa kesehatan para lansia. Mulai dari penimbangan berat badan, pengukuran tensi darah, kadar gula, maupun pemeriksaan kesehatan lain. Berbagai macam keluhan dari para lansia juga ditampung dan diberikan solusi oleh para petugas kesehatan. Para lansia juga mendapatkan vitamin maupun suplemen untuk menjaga kekebalan tubuh.

Pengukuran Tensi darah
Penimbangan Berat Badan

Selain pemeriksaan dan pemberian vitamin, para lansia juga diajak untuk melakukan senam lansia yang dipandu oleh Petugas Kesehatan. Gerakan-gerakan dalam senam merupakan peregangan otot-otot tubuh dan sekaligus sebagai terapi pencegahan berbagai macam keluhan, misalnya gejala stroke.

Pelayanan kesehatan terhadap lansia merupakan salah satu prioritas layanan dasar kepada masyarakat, dimana kebutuhan masyarakat di usia senja harus sangat diperhatikan, khususnya perihal kesehatan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan