Perpustakaan Jaman Now, Ya Perpustakaan Cahaya

Perpustakaan Cahaya Gemaharjo

Perpustakaan tidak hanya menjadi sarana baca dan pinjam buku. Ada banyak jenis kegiatan dan aktivitas yang bisa dilaksanakan di perpustakaan. Hal ini tentu harus didukung dengan ketersediaan koleksi, peralatan dan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Seperti halnya di Perpustakaan Cahaya Desa Gemaharjo. Perpustakaan milik desa Gemaharjo ini memiliki lokasi yang strategis yaitu di area kantor sekretariat Desa Gemaharjo dan bisa dijangkau dengan mudah karena tepat terletak di jalur jalar raya Pacitan- Ponorogo. Lokasinya juga mudah dijangkau oleh pelajar dari 2 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Pertama, 1 Sekolah Menengah Atas dan 1 lembaga PAUD dan terjangkau dengan mudah pula dari pemukiman warga.

Perpustakaan Jaman Now

Bagaimana bisa dikatakan perpustakaan jaman now? Karena perpustakaan Cahaya menyediakan berbagai fasilitas yang kekinian. Selain koleksi buku yang kini jumlahnya hampir mencapai 5.000 eksemplar, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Perangkat Komputer, TV Media Pembelajaran, Perangkat Printer, CD Pembelajaran, Alat Peraga Pendidikan, Alat Permainan Anak-anak. Sehingga perpustakaan ini tidak hanya ramah dan nyaman untuk pembaca remaja dan dewasa, tetapi juga nyaman untuk pembaca usia anak-anak.

Area Baca Perpustakaan Cahaya
Perangkat Komputer untuk Pengunjung
Ruang Bermain Anak dengan Berbagai Pilihan Peralatan Bermain

Keseharian Perpustakaan

Perpustakaan ini dapat bertahan hingga kini berkat kerjasama dan kesediaan para sukarelawan untuk terus “menghidupi” perpustakaan ini. Seperti halnya yang dilakukan oleh para pemuda dan Karang Taruna Desa Gemaharjo. Dengan semangat mereka melakukan penataan rak dan buku baru, hibah dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan ini dilakukan juga perubahan posisi buku sesuai dengan petunjuk dari Dinas Provinsi yang memberikan petunjuk penataan  koleksi dengan letak dari klasifikasi kecil ke besar searah dengan jarum jam.

Pemasangan Rak Hibah dari Perpustakaan provinsi
Pemilahan Buku Sesuai Klasifikasi
Penataan Buku Sesuai Klasifikasi

 

 

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan