Tradisi Nyekar Jelang Bulan Ramadhan

gemaharjo.sideka.id-Bulan Ramadhan telah datang. Sesuai dengan perkiraan puasa Ramadhan akan diawala besuk pada hari Rabu, 16 Mei 2018 atau sesuai dengan keputusan sidang Isbat mengenai penampakan hilal pada sore nanti. Menjelang bulan Ramadhan, warga desa Gemaharjo melakukan berbagai persiapan untuk menyambutnya. Warga bergotong-royong dan secara sukarela melakukan kerja bakti. Salah satunya adalah kegiatan bersih lingkungan yang dilakukan di sekitar jalan pemukiman, tempat ibadah dan makam-makam.  Makam-makam ini dibersihkan oleh warga dusun untuk dipersiapkan untuk tradisi “Nyekar” menjelang bulan Ramadhan.

Khususnya di Desa Gemaharjo, terdapat 9 makam yang terdapat di 7 Dusun. Kesembilan makam itu terletak masing-masing satu makam di 5 dusun yaitu di dusun Clumpring, Kaligondang, Dagen, Gayam dan Gemah sedangkan di dusun Bulusari dan Dondong terdapat masing-masing 2 makam di setiap dusun. Nyekar dilakukan oleh para kerabat dan keluarga di makam dengan mengirim do’a dan tabur bunga di atas makam.

Tradisi nyekar ini telah ada sejak jaman dahulu. Setiap tahunnya, tradisi ini dilakukan khususnya menjelang bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Para keluarga dan kerabat yang berada di luar kota pun biasanya juga menyempatkan diri untuk pulang dan melakukan tradisi “Nyekar”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan